Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik serta untuk memberi perlindungan bagi setiap warga negara dan penduduk dari penyalahgunaan wewenang di dalam penyelenggaraan pelayanan publik, BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo berupaya melakukan pemenuhan terhadap Standar Pelayanan Publik.

Pemenuhan standar pelayanan publik ini dilakukan bukan hanya karena akan dilakukan penilaian oleh tim Akreditasi Puskesmas ataupun oleh Tim Ombudsman Republik Indonesia, tetapi karena sudah menjadi kewajiban Puskesmas L.Sidoharjo untuk memenuhi standar pelayanan tersebut sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan VISI dan MISI Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo.

Diharapakan dengan perbaikan pelayanan secara terus menerus di Puskesmas L.sidoharjo Kecamatan Tugumulyo, maka kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo akan tetap terjaga.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo Ika Putri Agustin, SKM, sesuai dengan isi Maklumat Pelayanan di Puskesmas L.Sidoharjo, maka segenap jajaran Puskesmas L.Sidoharjo menyatakan sanggup untuk melaksanakan sesuai dengan standar pelayanan dengan penuh rasa tanggung jawab.(fyd)-(9 juni 2021)

CEKLIST KEPATUHAN ATAS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA PERANGKAT DAERAH DAN PUSKESMAS

NO

VARIABEL

KODE

EVIDENCE (berupa Foto/Dokumen)

KETERSEDIAAN (ada/tidak)

Keterangan

1

2

3

4

5

6

1

Standar Pelayanan Publik

1.01

Banner dan Brosur yang berisi : 1. Persyaratan Layanan 

                          Ada

 

2. Sistem, mekanisme, dan prosedur layanan

Ada

 

3. Produk Layanan

Ada

 

4. Jangka waktu penyelesaian per produk layanan

Ada

 

5. Biaya/Tarif

Ada

 

2

Maklumat Layanan

2.01

Banner dan/atau poster Maklumat layanan yang berisi tentang pernyataan kesanggupan dan kewajiban penyelenggaraan layanan sesuai PermenPAN-RB No.15 Tahun 2014

Ada

 

3

Sarana dan Prasarana

3.01

Ruang Tunggu

Ada

 

 

 

3.02

Toilet Layanan yang terpisah Pria dan Wanita serta disabilitas

Ada

 

 

 

3.03

Loket/meja layanan terpadu

Ada

 

4

Pelayanan Khusus

4.01

Toilet khusus disabilitas dan lansia

Ada

 

4.02

Kursi roda khusus disabliltas/lansia yang diletakkan diruang tunggu pelayanan

Ada

 

4.03

Ram Khusus Disabilitas

Tidak Ada

 

4.04

Rambatan Khusus Disabilitas

Tidak Ada

 

4.05

Ruang menyusui

Ada

 

4.06

Taman bermain

Tidak Ada

 

4.07

Loket Khusus Pelayanan Disabilitas dan lansia

Ada

 

4.08

SK Petugas pelayanan khusus disabilitas/lansia

Ada

 

5

Pengelolaan Pengaduan

5.01

Kotak bertuliskan “Kotak Pengaduan”

Ada

 

5.02

Lembar pengaduan yang dilengkapi alat tulis yang diletakkan dekat kotak Pengaduan

Ada

 

5.03

Call Center Pengaduan Layanan yang ditamplkan dekat Kotak Pengaduan

Ada

 

5.04

SOP Penanganan Pengaduan Layanan yang diletakkan dekat area pengaduan, atau ditampilkan dalam bentuk poster

Ada

 

5.05

SK Petugas Penanganan Pengaduan layanan

Ada

 

6

Penilaian Kinerja

6.01

Kotak Kepuasan layanan

Ada

 

6.02

Lembar kuisioner yang diletakkan beserta alat tulisnya

Ada

 

7

Visi, Misi dan Moto Pelayanan

7.01

Poster/banner Visi dan Misi Pelayanan Puskesmas

Ada

 

7.02

Poster/banner Moto Pelayanan

Ada

 

8

Atribut

8.01

Petugas Front office menggunakan ID-Card berseragam rapi dan tersenyum ramah

Ada

 

9

Pelayanan Terpadu

9.01

Meja/Area pelayanan terpadu dimana pendaftaran, pembayaran, pelayanan BPJS berada dalam satu poster

Ada

 

10

Rekognisi

10.01

Poster bingkai penghargaan seperti ISO,Akreditasi, atau penghargaan lainnya yang dipajang diruang strategis dan dapat dilihat dengan mudah oleh Penerima Layanan

Ada

 

1. Standar pelayanan Publik

1.Persyaratan Pelayanan

b. Prosedur layanan

 

c. produk layanan

d. Jangka Waktu pelayanan

e. Biaya/tarif pelayanan

2. MAKLUMAT PELAYANAN

3. SARANA DAN PRASARANA

a. Ruang tunggu

b. Toilet layanan yang terpisah Pria dan Wanita

4. PELAYANAN KHUSUS

a. Toilet Khusus lansia dan disabilitas

b. Kursi roda khusus disabilitas dan lansia

c. Ruang menyusui

d. Loket Khusus Pelayanan disabilitas dan lansia

e. SK Petugas pelayanan Khusus Lansiadan disabilitas

5. PENGELOLAAN PENGADUAN

a. Kotak Pengaduan

b. Lembar pengaduan

c. Call Center Pengaduan layanan 

d. SOP Pengaduan layanan

e. SK Petugas Penanganan Pengaduan

6. PENILAIAN KINERJA

a. Kotak Kepuasan Pelanggan

b. Lembar Kuisioner

7. VISI, MISI DAN MOTO PUSKESMAS

8. ATRIBUT

9. PELAYANAN TERPADU

 

10. REKOGNISI

 

 

Tinggalkan Komentar: