Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

produk-layanan

PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN

DINAS KESEHATAN KABUPATEN MUSI RAWAS

 

1. Pelayanan Publik Bidang Kesehatan adalah bentuk jasa pelayanan yang berkaitan dengan kewenangan 
  Pemerintah dalam memberikan rekomendasi Izin Sarana, Izin Kerja, Izin Praktik, Tanda Daftar, Sertifikasi 
  di Bidang Kesehatan dan Surat Pernyataan Miskin
   

 

 

2.

 

 

Visi & Misi

  Visi : “ Terwujudnya Musi Rawas Maju, Mandiri dan Bermartabat “
  Misi : 1. mewujudkan birokrasi yang profesional berbasis teknologi informasi
          2. Membangun sumber daya manusia yang berkualitas 
          3. Pemerataan infrastuktur berawawasan lingkungan
          4. Memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat
   

 

3.

 

Motto

  Moto : " S E H A T "
  S: Sabar
  E: Etos Kerja
  H: Handal
  A: Achievement
  T: Tulus
   

 

4.

 

Tujuan

  a. Memberikan Perlindungan Hukum Kepada Masyarakat sebagai pemberi dan penerima layanan kesehatan;
  b. Membina, Mengendalikan dan Mengawasi usaha layanan kesehatan agar memenuhi standar mutu.
   
5. Ruang Lingkup 
  a. Rekomendasi Perizinan bagi Fasilitas Pelayanan Kesehatan
  b. Rekomendasi Perizinan bagi Tenaga Kesehatan
   
6. Jenis Layanan Perizinan
 

a. Rekomendasi Izin Sarana Kesehatan

NO JENIS PERIZINAN  TINJAU LAPANGAN   LAMA PROSES RETRIBUSI  
YA  TIDAK
  1. Rekomendasi Izin Operasional Klinik
     V   3 hari kerja (Setelah Tinjau Lapangan Fasilitas Kesehatan)   Gratis
  2. Rekomendasi Izin Operasional Toko Alkes
     V     3 hari kerja (Setelah Tinjau Lapangan Fasilitas Kesehatan)   Gratis
  3. Rekomendasi Izin Operasional Apotik      V     3 hari kerja (Setelah Tinjau Lapangan Fasilitas Kesehatan)   Gratis
  4. Rekomendasi Izin Operasional Toko Obat      V     3 hari kerja (Setelah Tinjau Lapangan Fasilitas Kesehatan)   Gratis
  5. Rekomendasi Izin Operasional Optik      V     3 hari kerja (Setelah Tinjau Lapangan Fasilitas Kesehatan)   Gratis 
  6. Rekomendasi Izin Operasional Praktik tenaga kesehatan
     V     3 hari kerja (Setelah Tinjau Lapangan Fasilitas Kesehatan)   Gratis
  7. Permohonan izin IRTP      V   3 hari kerja (Setelah Tinjau Lapangan)   Gratis

Persyaratan

1. Rekomendasi izin operasional klinik

    a. Surat permohonan bermaterai kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    b. Fotocopy akta notaris pendirian badan usaha

    c. Fotocopy KTP dan NPWP

    d. Surat pernyataan status kepemilikan bermaterai

    e. Fotocopy IMB, IPB, HO , Gambar dan Denah

    f.  Surat pernyataan pengelolaan air limbah bermaterai

    g. Dokument SPPL/UPL-UKL

    h. Surat perjanjian kerjasama rujukan laboratorium (bagi klinik rawat jalan 24 jam)

    i. Surat perjanjian kerjasama pengelolaan sampah medis dengan pihak ke-3

    j. Profil klinik

    k. Surat pengantar/rekomendasi dari kepala puskesmas setempat

    l. Data kepegawaian dokter penanggungjawab

       - Fotocopy SIP

       - Surat keterangan tidak keberatan dari atasan langsung

    m. Data tenaga pelaksana harian, meliputi ijazah, STR dan SIP

    n. Standart operating Procedur (SOP)

 

2. Rekomendasi izin operasional toko alkes

    a. Surat permohonan kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    b. Fotocopy KTP dan NPWP

    c. Surat pernyataan melaksanakan pedoman toko alat kesehatan pada Kementrian Kesehatan RI Tahun 2013

    d. Akta pendirian dan perubahan

    e. Fotocopy Surat Izin Usaha perdagangan (SIUP)

    f. Bukti kepemilikan tanah/ bangunan (sertifikat/perjanjian sewa)

    g. Proposal teknis

    h. Salinan peraturan perundang-undangan dibidang alat kesehatan minimal peraturan

 

3. Rekomendasi izin operasional Apotek

    a. Surat permohonan bermaterai kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    b. Jika pemilik bukan apoteker, maka harus berupa PT, Yayasan dan/atau Koperasi

       (Melampirkan surat perjanjian kerjasama dengan apoteker yang disahkan notaris)

    c. Fotocopy KTP dan NPWP (PSA dan Apoteker)

    d. Fotocopy ijazah

    e. Fotocopy STRA, STRTTK

    f. Fotocopy surat sumpah apoteker

    g. Fotocopy SIPA, SIPTTK

    h. Surat rekomendasi dari Puskesmas

    i. Surat pernyataan dari apoteker pengelola apotek bahwa tidak bekerja tetap pada perusahaan lain

    j. Pas foto ukuran 4x6 = 2 Lembar

    k. Peta Lokasi

    l. Denah Bangunan

   m. Daftar SDM

   n. Daftar Sarana, prasarana, dan peralatan

 

4. Rekomendasi izin operasional toko obat

    a. Surat permohonan bermaterai kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    b. Jika pemilik bukan apoteker, maka harus berupa PT, Yayasan dan/atau Koperasi

        (Melampirkan surat perjanjian kerjasama dengan apoteker yang disahkan notaris

    c. Fotocopy KTP dan NPWP (PSA dan Asisten Apoteker)

    d. Fotocopy ijazah

    e. Fotocopy STRTTK

    f. Fotocopy SIPTTK

    g. Surat rekomendasi dari Puskesmas

    h. Pas foto ukuran 4x6 = 2 Lembar

    i. Peta Lokasi

    j. Denah Bangunan

    k. Daftar SDM

   l. Daftar Sarana, prasarana, dan peralatan

 

5. Rekomendasi izin optik

    a. Surat permohonan kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    b. Fotocopy akta notaris pendirian badan usaha (yayasan/CV/PT/Koperasi)

    c. Fotocopy KTP, NPWP dan Pas Foto

    d. Data tempat usaha

    e. Profil Optik

    f. Data tenaga pelaksana harian

    g. SOP

 

6. Rekomendasi izin praktik/kerja tenaga kesehatan

    a. Surat permohonan bermaterai kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    b. Fotocpy KTP, Ijazah, STR (Khusus dokter melampirkan STR Asli)

    c. Surat Keterangan sehat dari dokter yang memiliki izin praktik

    d. Surat keterangan dari pimpinan fasilitas kesehatan sebagai tempat kerja/praktik

    e. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja/praktik

    f. Surat rekomendasi dari organisasi profesi

    g. Surat rekomendasi dari puskesmas diwilayah kerja bagi yang praktik mandiri

    h. Pas foto ukuran 4x6= 2 lembar, 3x4 = 2 lembar

    i. Fotocopy sertifikat vaksin terakhir

    j. Dibuat rangkap 1, yang 1 copian

    k. Map plastik bening 2 buah

 

7. Permohonan izin Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP)

    Surat permohonan bermaterai kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    a. Fotocopy KTP Pemohon

    b. NPWP

    c. Daftar isian data industri rumah tangga pangan

    d. Denah perjalanan ke alamat produksi

    e. Desain/Layout label

    f. Data produk makanan

    g. Sertifikat penyluhan P-IRT Pangan (jika sudah pernah mengikuti)

    h. Surat pengantar dari Puskesmas

    i. Pas foto 3x4 = 2 lembar

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) pada Dinas Kesehatan Kab. Musi Rawas

 

b. Rekomendasi Izin Tenaga Kesehatan

NO JENIS PERIZINAN  TINJAU LAPANGAN   LAMA PROSES RETRIBUSI  
YA  TIDAK
  1. Surat Rekomendasi Izin Praktik Dokter/Dokter Gigi/Dokter Spesialis       V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
  2. Surat Rekomendasi Izin Praktik Bidan        V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
  3. Surat Izin Rekomendasi Praktik Perawat          V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
  4. Surat Rekomendasi  Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut          V   1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
  5. Surat Rekomendasi Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik           V   1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
  6. Surat Surat Rekomendasi  Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian         V   1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis 
  7. Surat Surat Rekomendasi Izin Praktik Apoteker         V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
  8. Surat Rekomendasi Izin Kerja Radiografer       V   1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
  9. Surat Rekomendasi Izin Kerja Sanitarian        V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
 10. Surat Rekomendasi  Izin Kerja / Surat Izin Praktik Tenaga Gizi          V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
 11. Surat Rekomendasi Izin Kerja Perekam Medis        V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
 12. Surat Rekomendasi Izin Praktik Fisioterapi         V  1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
 13. Surat Rekomendasi Izin Kerja / Surat Izi Praktik Okupasi Terapis       V   1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
 14. Surat Rekomendasi Izin Praktik Tenaga Teknis Elktro Medis       V   1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis
 15. Surat Rekomendasi Izin Praktik Psikolog        V   1- 3 hari kerja(Jika Berkas Lengkap)   Gratis

Persyaratan 

    a. Surat permohonan bermaterai kepada Kepala DPM-PTSP, dengan membawa berkas seperti dibawah ini

    b. Fotocpy KTP, Ijazah, STR (Khusus dokter melampirkan STR Asli)

    c. Surat Keterangan sehat dari dokter yang memiliki izin praktik

    d. Surat keterangan dari pimpinan fasilitas kesehatan sebagai tempat kerja/praktik

    e. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja/praktik

    f. Surat rekomendasi dari organisasi profesi

    g. Surat rekomendasi dari puskesmas diwilayah kerja bagi yang praktik mandiri

    h. Pas foto ukuran 4x6= 2 lembar, 3x4 = 2 lembar

    i. Fotocopy sertifikat vaksin terakhir

    j. Dibuat rangkap 1, yang 1 copian

    k. Map plastik bening 2 buah   

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Pada Dinas Kesehatan Kab. Musi Rawas

           

c.  Rekomendasi Jaminan Sosial Kesehatan

NO JENIS PERIZINAN  TINJAU LAPANGAN   LAMA PROSES RETRIBUSI  
YA  TIDAK
  1. Rekomendasi Pengajuan Pembuatan JKN KIS/BPJS APBD
            V  45  Menit (Jika Berkas Lengkap)   Gratis

Persyaratan :

Rekomendasi pengajuan pembuatan JKN KIS/BPJS APBD

    a. Fotocopy KK KTP

    b. Surat Keterangan tidak mampu dari kepala desa/lurah

    c. Surat Keterangan tidak memiliki jaminan kesehatan dari kepala desa/lurah

    d. Surat Keterangan P-Care dari Puskesmas

    e. Surat Keterangan rekomendasi dari Dinas Sosial

    f.  Surat Keterangan diagnosa dari Dokter Puskesmas

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Pada Dinas Kesehatan Kab. Musi Rawas

 

d. Rekomendasi Laik Hygiene Damiu dan Jaminan Persalinan

NO JENIS PERIZINAN  TINJAU LAPANGAN   LAMA PROSES RETRIBUSI  
YA  TIDAK
  1. Penerbitan Laik Hygiene Damiu
 ∨    
45 Menit
  Gratis
  2.  Rekomendasi Jaminan Persalinan (Jampersal)
       V  45 Menit (Jika Berkas Lengkap)   Gratis

Persyaratan :

1. Penerbitan Laik Hygiene Damiu

2. Rekomendasi Jaminan Persalinan (Jampersal)

    a. Surat Rekomendasi dari Puskesmas ke Rumah Sakit Kabupaten

    b. Surat Keterangan tidak mampu dari kepala desa/lurah

    c. Identitas pasien ( KK, KTP atau surat keterangan domisili)

    d. Surat Keterangan tidak mempunyai Jaminan Kesehatan Lainnya

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Pada Dinas Kesehatan Kab. Musi Rawas

 

 

Form Survey Kepuasan Layanan Publik

Survey Kepuasan Layanan

 

 

SYARAT SYARAT PELAYANAN PUBLIK DIPERSIAPKAN DI FRONT OFFICE

 

 

 

RUANG TUNGGU

 

                                 

 

 

ALUR PELAYANAN REKOMENDASI TENAGA KESEHATAN DAN FASILITAS KESEHATAN

 

 

 

 

WAKTU PELAYANAN

 

 

 

ALUR PENGADUAN MASYARAKAT

 

 

 

PETUGAS PENGELOLA PENGADUAN PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK

 

 

 

KOTAK SARAN