Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas, 

PUSKESMAS MUARA KATI MUSI RAWAS-- Sejumlah lansia warga Kecamatan Tiang Pumpung Kepungutdatang dengan penuh semangat dan antusia tinggi ke Puskkesmas Muara Kati untuk mendapatkan pelayanan Vaksinasi Covid 19 dosis II, dosis I telah diberikan 28 hari sebelumnya. Para lansia yang ikut berpartisipasi dalam Vaksinasi Covid 19 sangat kooperatif dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu : mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak minimal 1 meter selama pelaksanaan vaksinasi Covid 19.

Vaksinasi atau imunisasi Covid 19 adalah prosedur pemberian suatu antigen virus SARS Cov yang sudah mati, yang bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena infeksi Covid 19.

Peserta vaksinasi lansia menunggu antrian panggilan untuk mendaftar di Meja 1 dan menunjukkan kartu identitas, berupa KK/KTP, kemudian di Meja 2 peserta vaksinasi akan diperiksa kesehatan fisik dan diskrining dengan pertanyaan mengenai riwayat Kesehatan sebelumnya. Jika peserta vaksin memenuhi kriteria untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19, maka pesedta vaksin akan mendapatkan penjelasan tentang manfaat, dosis, cara pemberian vaksin, dan jadwal pemberian vaksin. Selanjutnya, di meja 3 peserta yang sebelumnya telah menandatangani surat persetujuan vaksinasi Covid 19 akan mendapatlan suntikan vaksin oleh petugas yang telah terlatih memberikan Vaksin Covid 19. Terakhir di meja 4, peserta akan dipantau selama 30 menit untuk memastikan peserta vaksinasi pulang dalam kondisi baik tanpa efek samping.

Sasaran vaksinasi lanisa telah mendapatan sosialisasi dan pemahaman yang baik tentang Vaksinasi Covid 19 melalui media sosial, maupun melalui penyampaian langsung oleh petugas puskesmas, bidan desa, perawat di pustu dan kader Kesehatan sehinggan sasaran vaksinasi lansia khususnya dan warga Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut umumnya tidak lagi ragu dan salah paham dalam menyerap informasi negatif dan hoax tentang Vaksinasi Covid 19.

 

  1. Ruang Tunggu

1. Ruang Tunggu Lansia

 

  1. Lansia mendaftar di Meja 1



  1. Lansia di Skrining di Meja 2





  1. Lansia di Vaksinasi di Meja 3



  1. Lansia kemudia Observasi menuju Meja 4



  1. Foto bersama Ka. UPT Puskesmas Muara Kati



Tinggalkan Komentar: