Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

Puskesmas Terawas,  Saka Bakti Husada (SBH) merupakan sebuah wadah yang diperuntukan sebagai wadah pendidikan dan pembinaan, serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan di bidang kesehatan. Saka bakti husada ini diperuntukan untuk anggota pramuka yang nantinya diharapkan untuk dapat menjadi contoh dan sebagai agen perubahan untuk menggerakkan masyarakat disekitarnya terutama generasi muda untuk menerapkan pola hidup sehat.

Dalam kegiatannya, Saka Bakti Husada sendiri memiliki 6 krida, yaitu krida keluarga sehat, krida bina lingkungan sehat, krida pengendalian dan pencegahan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat, dan krida bina perilaku hidup bersih dan sehat. dari keenam krida ini diharapkan anggota saka dapat memahami dan menerapkan dalam kehidupn sehari - hari dan menjadi kader perubahan dibidang kesehatan.

Menerapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari - hari membutuhkan komitmen dan melalui proses yang panjang, selain itu dengan adanya pola hidup masyarakat yang semakin modern membuat semakin sulitnya untuk menerapkan perilaku hidup sehat. Pola hidup masyarakat yang semakin modern inilah yang akhirnya membuat GERMAS dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Germas sendiri bertujuan untuk membudayakan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan meninggalkan pola hidup yang tidak sehat.

Pelaksanaan GERMAS sendiri ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat dari yang muda hingga yang tua, seluruh kelompok maupun organisasi masyarakat termasuk Pramuka. Saka Bakti Husada (SBH) merupakan salah satu kelompok berisikan anak muda yang memiliki potensial untuk mengajak masyarakat dalam meningkatkan perilaku hidup sehat melalui Germas.

Adapun kegiatan Saka Bakti Husada (SBH) di MA Miftahul Huda Kosgoro pada hari Senin, 29 Agustus 2022 dengan mengusung tema tentang "GERMAS" (Gerakan MAsyarakat Hidup Sehat) yang merupakan kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas dengan Puskesmas Terawas yaitu Sosialisasi Germas, Diskusi dan tanya jawab, Serta Menanam pohon, Sayur dan Toga (Tanaman Obat Keluarga). Anggota Saka Bakti Husada sangat antusias dalam pelaksaan kegiatan kemarin. sehingga dengan semangat dan antusiasnya anggota Saka Bakti Husada diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dalam mensosialisasikan dan menerapkan Prilaku hidup sehat di lingkungannya dan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Selanjutnya kegiatan Saka Bakti Husada (SBH) ini akan terus dikembangkan, bukan hanya di MA Miftahul Huda Kosgoro tetapi juga di sekolah yang lainnya, dengan mengusung berbagai macam tema yang berbeda - beda.

Tinggalkan Komentar: