KEPATUHAN ATAS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA PERANGKAT DAERAH DAN PUSKESMAS DI PUSKESMAS L.SIDOHARJO
Dalam rangka meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik serta untuk memberi perlindungan bagi setiap warga negara dan penduduk dari penyalahgunaan wewenang di dalam penyelenggaraan pelayanan publik, BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo berupaya melakukan pemenuhan terhadap Standar Pelayanan Publik.
Pemenuhan standar pelayanan publik ini dilakukan bukan hanya karena akan dilakukan penilaian oleh tim Akreditasi Puskesmas ataupun oleh Tim Ombudsman Republik Indonesia, tetapi karena sudah menjadi kewajiban Puskesmas L.Sidoharjo untuk memenuhi standar pelayanan tersebut sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan VISI dan MISI Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo.
Diharapakan dengan perbaikan pelayanan secara terus menerus di Puskesmas L.sidoharjo Kecamatan Tugumulyo, maka kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo akan tetap terjaga.
Sebagaimana disampaikan oleh Kepala BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo dr.Dian Karnita, sesuai dengan isi Maklumat Pelayanan di Puskesmas L.Sidoharjo, maka segenap jajaran Puskesmas L.Sidoharjo menyatakan sanggup untuk melaksanakan sesuai dengan standar pelayanan dengan penuh rasa tanggung jawab.(fyd)-(19/07/2022)
CEKLIST KEPATUHAN ATAS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA PERANGKAT DAERAH DAN PUSKESMAS
NO |
VARIABEL |
KODE |
EVIDENCE (berupa Foto/Dokumen) |
KETERSEDIAAN (ada/tidak) |
Keterangan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
1 |
Standar Pelayanan Publik |
1.01 |
Banner dan Brosur yang berisi : 1. Persyaratan Layanan |
Ada |
|
2. Sistem, mekanisme, dan prosedur layanan |
Ada |
|
|||
3. Produk Layanan |
Ada |
|
|||
4. Jangka waktu penyelesaian per produk layanan |
Ada |
|
|||
5. Biaya/Tarif |
Ada |
|
|||
2 |
Maklumat Layanan |
2.01 |
Banner dan/atau poster Maklumat layanan yang berisi tentang pernyataan kesanggupan dan kewajiban penyelenggaraan layanan sesuai PermenPAN-RB No.15 Tahun 2014 |
Ada |
|
3 |
Sarana dan Prasarana |
3.01 |
Ruang Tunggu |
Ada |
|
|
|
3.02 |
Toilet Layanan yang terpisah Pria dan Wanita serta disabilitas |
Ada |
|
|
|
3.03 |
Loket/meja layanan terpadu |
Ada |
|
4 |
Pelayanan Khusus |
4.01 |
Toilet khusus disabilitas dan lansia |
Ada |
|
4.02 |
Kursi roda khusus disabliltas/lansia yang diletakkan diruang tunggu pelayanan |
Ada |
|
||
4.03 |
Ram Khusus Disabilitas |
Tidak Ada |
|
||
4.04 |
Rambatan Khusus Disabilitas |
Tidak Ada |
|
||
4.05 |
Ruang menyusui |
Ada |
|
||
4.06 |
Taman bermain |
Tidak Ada |
|
||
4.07 |
Loket Khusus Pelayanan Disabilitas dan lansia |
Ada |
|
||
4.08 |
SK Petugas pelayanan khusus disabilitas/lansia |
Ada |
|
||
5 |
Pengelolaan Pengaduan |
5.01 |
Kotak bertuliskan “Kotak Pengaduan” |
Ada |
|
5.02 |
Lembar pengaduan yang dilengkapi alat tulis yang diletakkan dekat kotak Pengaduan |
Ada |
|
||
5.03 |
Call Center Pengaduan Layanan yang ditamplkan dekat Kotak Pengaduan |
Ada |
|
||
5.04 |
SOP Penanganan Pengaduan Layanan yang diletakkan dekat area pengaduan, atau ditampilkan dalam bentuk poster |
Ada |
|
||
5.05 |
SK Petugas Penanganan Pengaduan layanan |
Ada |
|
||
6 |
Penilaian Kinerja |
6.01 |
Kotak Kepuasan layanan |
Ada |
|
6.02 |
Lembar kuisioner yang diletakkan beserta alat tulisnya |
Ada |
|
||
7 |
Visi, Misi dan Moto Pelayanan |
7.01 |
Poster/banner Visi dan Misi Pelayanan Puskesmas |
Ada |
|
7.02 |
Poster/banner Moto Pelayanan |
Ada |
|
||
8 |
Atribut |
8.01 |
Petugas Front office menggunakan ID-Card berseragam rapi dan tersenyum ramah |
Ada |
|
9 |
Pelayanan Terpadu |
9.01 |
Meja/Area pelayanan terpadu dimana pendaftaran, pembayaran, pelayanan BPJS berada dalam satu poster |
Ada |
|
10 |
Rekognisi |
10.01 |
Poster bingkai penghargaan seperti ISO,Akreditasi, atau penghargaan lainnya yang dipajang diruang strategis dan dapat dilihat dengan mudah oleh Penerima Layanan |
Ada |
|
1. Standar Pelayanan
2. Produk Layanan
3. Maklumat Pelayanan
4. Sarana dan Prasarana
5. Ruang Tunggu
6. Toilet Yang Terpisah Pria/Wanita
7. Pelayanan Khusus
8. Toilet Khusus Disabilitas
9. Kursi Roda Khusus Disabilitas
10. Ruang Laktasi
11. Kotak bertulisakan "Kotak Pengaduan"
12. Call Center Pengaduan Layanan
12. SOP Penanganan Pengaduan
13. SK Petugas Penanganan Pengaduan
14. Kotak Kepuasaan Layanan
15. Lembar Kuisioner yang diletakkan beserta alat tulisnya
16. Poster/Banner Visi, Misi dan Motto Pelayanan Puskesmas
17. Petugas Front office menggunakan ID-Card Berseragam Rapi dan Tersenyum Ramah
18. Meja/Area Pelayanan Terpadu
19. Rekognisi
20. Ram atau Rambatan untuk lansia dan disabilitas