Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

PUSKESMAS CECAR ,Rabu 24 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan penerapan GERMAS pada satuan gerakan Pramuka Saka Bakti Husada di SMAN BAngun Jaya, dalam acara ini juga sekaligus meresmikan Saka Bakti Husada di SMAN BAngun Jaya.

Saka Bakti Husada sendiri di Indonesia diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang kemudian dicanangkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 12 November 1985 sebagai Hari Kesehatan Nasional di Magelang.

Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.
 
Krida-krida dalam Saka Bakti Husada, sebagai berikut.
1. Krida Bina Lingkungan Sehat
2. Krida Bina Keluarga Sehat
3. Krida Penanggulangan Penyakit
4. Krida Bina Gizi
5. Krida Bina Obat
6. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 
 
Satuan Karya Pramuka (Saka) ini diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. 
 
Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri dari Tim Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan, Pihak Puskesmas terdiri dari Kepala Puskesmas CEcar , Ibu Nurmalinda,A.Md.Keb,SKM beserta staf Saka Bakti Husada Puskesmas. Acara diikuti oleh anak-anak Pramuka sebanyak 50 orang dan Pembina Pramuka, staf guru dari SMAN Bangun Jaya, dan SMAN Raksa Budi. 
 
Dalam kegiatan ini anak-anak dan pembina disosialisasikan bagaimana berperilaku hidup sehat (GERMAS)di sekolah dan dirumah , serta diadakan tanya jawab singkat seputar kesehatan dan Saka Bakti Husada. Setelah sosialisasi, diberikan juga informasi mengenai tanaman TOGA, buah dan sayur-sayuran yang bermanfaat, serta bersama-sama menanam bibit TOGA, sayuran dan buah-buahan di halaman / lapangan SMAN Bangun Jaya.
 

           

Tinggalkan Komentar: