Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

Pada hari Selasa tanggal 31 Bulan September Tahun Dua Ribu Sembilan Belas, telah diserahkan Tim Nusantara Sehat dari Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan ke Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas sebanyak 7 (tujuh) orang untuk didayagunakan  di Puskesmas sesuai dengan Surat Tugas Kepala Pusat Perencanaan SDM Kesehatan NoDG.02.02/2.2/4980/2019 tanggal  26 September 2019 tentang Pengangkatan Tenaga Kesehatan dalam  Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu dalam Mendukung Program Nusantara Sehat Periode VIII Tahun 2019.

Sesuai amanat Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2014 pasal  23 ayat (2) disebutkan, penempatan tenaga kesehatan oleh pemerintah atau pemerintah daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan cara, huruf (c) “penugasan khusus”, dan memperhatikan semangat  Nawacita ke 3, yaitu Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah-Daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan, maka Kementerian Kesehatan sejak tahun 2015 melakukan program penempatan tenaga kesehatan yang komprehensif dan inovatif dengan mengutamakan pendekatan promotif dan preventif  melalui  Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu  dalam Mendukung Program Nusantara Sehat yang dikenal dengan “Program Nusantara Sehat”.

Program Nusantara Sehat merupakan wujud sinergi Kementerian Kesehatan dengan Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor lainnya yang diyakini mampu memberikan  pelayanan kesehatan primer yang terjangkau dan berkualitas secara terintegrasi, terpadu, dan berkesinambungan. Dengan demikian, tanggung jawab Pemerintah dimana “Negara hadir di tengah-tengah masyarakat” melalui pelayanan kesehatan benar – benar dapat terwujud.

Pemilihan lokus penugasan ini merupakan usulan dari Dinas Kesehatan setempat kemudian dilakukan survey/kajian lapangan oleh Badan Litbang Kesehatan,  disandingkan dengan Data SI SDMK dan ditetapkan oleh Ditjen Pelayanan Kesehatan.

Serah terima tim Nusantara Sehat diserahkan pada 1 Oktober 2019 oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas  dalam hal ini diserahkan oleh Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Musi Rawas drg. Hj Mipta Hulummi, M.Kes, kepada 7 Puskesmas yang mendapat Tenaga Nusantara Sehat yaitu :

  1. Puskesmas cecar Tenaga Gizi
  2. Puskesmas Sumber harta. Tenaga Gizi
  3. Puskesmas Jayaloka Tenaga Gizi
  4. Puskesmas O Mangun Harjo Tenaga Kesmas
  5. Puskesmas L Sidoarjo Tenaga Analis
  6. Puskesmas Kelingi 4c Tenaga Sanitarian
  7. Puskesmas Pian Raya Tenaga Farmasi (apoteker)

Acara serah terima dilaksanakan Ruang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas. Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi rawas berterima kasih dengan adanya tambahan tenaga kesehatan yang mengabdi di daerah di Kabupaten Musi Rawas. Dengan adanya tenaga Individu  Nusantara Sehat dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Musi rawas khususnya di wilayah kerja 7 UPT Puskesmas.  Beliau berharap tim Nusantara Sehat bisa betah di lokasi pengabdian

Tinggalkan Komentar: