Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama dimana upaya pelayanan kesehatan yang di berikan adalah upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Salah satu kegiatan upaya promotif dan preventif yang dilakukan oleh Puskesmas L.Sidoharjo adalah kegiatan posyandu.

Posyandu itu sendiri merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk untuk melakukan pemeliharaan kesehatan masyarakat yang dilakukan dari oleh dan untuk masyarakat dengan dibimbing oleh tenaga kesehatan dari puskesmas.Posyandu merupakan salah satu bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat).

Di Puskesmas L.Sidoharjo sendiri kegiatan Posyandu yang dilakukan adalah :

  1. Posyandu balita
  2. Posyandu lansia
  3. Posyandu remaja
  4. Posbindu PTM

Kegiatan yang dilakukan di posyandu dan posbindu itu sendiri pada umumnya adalah imunisasi balita, pemeriksaan fisik yang meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, lingkar lengan, tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat. Kemudian ada kegiatan konseling kesehatan, gizi, pemberian vitamin dan makanan tambahan juga ada doorprize bagi masyarakat yang rajin dan rutin berkunjung ke posyandu.

Semua kegiatan posyandu dilakukan oleh kader posyandu kecuali pemberian imunisasi balita dilakukan oleh jurim puskesmas. Bahkan diharapkan kedepan untuk kegiatan konseling dan edukasi kesehatan bisa dilakukan oleh kader posyandu yang tentunya di latih dahulu oleh tenaga kesehatan dari puskesmas.

Karena tanpa adanya bantuan dari kader maka sangat mustahil puskesmas bisa melakukan pelayanan kesehatan sendiri. Sehingga kami Puskesmas L.Sidoharjo menganggap kader sudah menjadi bagian dari Puskesmas L.Sidoharjo demi terwujudnya visi misi Puskesmas L.Sidoharjo dan visi misi Kabupaten Musi Rawas MANTAB (Maju Mandiri dan Bermartabat).

Harapannya dengan kegiatan posyandu yang rutin dilakukan setiap bulan di 7 (tujuh) desa dalam wilayah kerja Puskesmas L.Sidoharjo ini akan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam wilayah kerja Puskesmas L.Sidoharjo.

Sebagai wujud terima kasih Puskesmas L.Sidoharjo terhadap kerja keras kader posyandu dalam melaksanakan pelayanan kesehatan di desanya masing-masing maka setiap bulannya dilakukan acara pertemuan forum kader dan 1 (satu) tahun sekali dilakukan refresing kader.

Pada acara forum kader dilakukan bimbingan teknis tentang posyandu oleh tenaga Puskesmas L.Sidoharjo disamping acara arisan kader. Kemudian pada acara refresing kader posyandu, Puskesmas L.Sidoharjo dan seluruh kader membaur menjadi satu melakukan kegiatan baik itu traveling, games, maupun kegiatan kuliner. (fyd)

Tinggalkan Komentar: