Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas

PELAYANAN KB SEJUTA AKSEPTOR DI BLUD UPT PUSKESMAS L.SIDOHARJO

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasioal (Harganas) yang ke XXVIII yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2021 ini, BKKBN Kabupaten Musi Rawas melakukan kegiatan Pelayanan KB Gratis. Kegiatan pelayanan KB Gratis ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang salah satunya adalah BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo.

Kegiatan pelayanan KB ini mengusung tema Pelayanan KB Sejuta Akseptor dalam rangka Harganas yang ke XXVIII tahun 2021.Adapun pelayanan KB serentak Sejuta Akseptor ini dilaksanakan di Faskes seperti Rumah Sakit, Puskesmas beserta Jejaringnya, Praktek Bidan Mandiri, Praktek Dokter Mandiri, serta Klinik Pratama. Di Puskesmas L.Sidoharjo sendiri kegiatan Pelayanan KB ini dilaksanakan hari ini Senin tanggal 21 Juni 2021. Disamping itu juga dilakukan melalui kunjungan rumah PLKB/IMP/Kader dengan pemberian Pil/Kondom dibawah pengawasan bidan setempat. Untuk yang di Fasilitas Kesehatan, epalayanan KB yang diberikan adalah semua jenis Kontrasepsi MKJP (IUD/Implan) dan Suntikan.

Tagret pelayanan KB ini sebanyak 18 Akseptor di setiap desa/kelurahan dengan rincian :

  • IUD/Implant           : 2 Akseptor
  • Suntik                    : 4 Akseptor
  • Pil/Kondom           : 12 Akseptor

Sedangkan sasaran pelayanan KB ini adalah seluruh Akseptor Pasangan Usia Subur (PUS)

Dari hasil pelayanan KB yang dilaksanakan pada Senin (21/06/2021) ini diperoleh data sebagai berikut :

  • Jumlah PUS yang melakukan pelayanan KB IUD               :   3 PUS
  • Jumlah PUS yang melkukan pelayanan KB Implant           : 20 PUS

Jadi jumlah total yang dilayani ada 23 PUS untuk hari ini. Pelayanan KB ini dilakukan oleh Tenaga BKKBN Kabupaten Musi Rawas dengan dibantu oleh Tenaga Bidan di BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo. Harapannya dengan adanya kegiatan Pelayanan KB gratis ini maka PUS di wilayah kerja BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo ini memanfaatkan pelayanan tersebut dan diharapkan akan dapat meningkatkan cakupan Peserta KB di BLUD UPT Puskesmas L.Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo. (fyd-21/06/2021)

Tinggalkan Komentar: